Fish

Selasa, 06 Maret 2012

CERITA RAKYAT PEMALANG

ASAL MULA KADIPATEN PEMALANG
Disebuah kawasan terletak tidak jauh dari dari pesisir pantai Jawa, ada sebuah kadipaten kecil yang konon dipimpin oleh seorang kanjeng. Kepemimpinannya sangat bijaksana dan penuh keteladanan , sehingga rakyat dan para abdi dalemnya sangat patuh dengan segala nasehat yang diberikannya.Ia sangat dekat dengan rakyatnya ,dengan penuh keikhlasan dia memberi contoh bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar, Ia dengan dibantu oleh para abdi dalem yang setia mereka bersama sama membuka kebun percontohan di belakang pendopo kadipaten, dengan percontohan kebun tersebut rakyat dapat belajar langsung cara bercocok yang benar.
Daerah yang menjadi kekuasaannya cukup luas, subur,dan karena keuletannya apa saja yang ditanam akan tumbuh dengan baik , hasil panennya cukup melimpah ruah, sehingga dapat mensejahterakan rakyat.Sangkin suburnya Romo Kanjeng memberi nama daerah tersebut dengan nama Kadipaten Kebon Agung .
Keberhasilan Kepemimpinan Romo Kanjeng dalam meningkatkan hasil bumi tersebar sampai kepelosok desa bahkan sampai ke pusat Kerajaan Mataram . Kabar yang membuat heboh itumenjadi daya tarik para bangsawan kerajaan untuk berkunjung ke daerah tersebut.
Pada suatu ketika salah satu kerabat keraton Kerajaan Mataram datang berkunjung ke Kadipaten Kebon Agung, Sang Pangeran terkejut melihat keadaan Pendopo Kadipaten
tersebut, karena Pendopo Kadipaten terhalang oleh sebuah sungai ( pendopo kepalang kali atau sungai ). Dengan kearifan dan penuh santu Sang Pangeran menyarankan agar sungai yang melintang di depan pendopo dipindahkan saja ke belakang pendopo kadiaten. Peristiwa itu lah yang menjadi peringatan awal mula kadipaten yang konon mendapat sebutan Kebun Agung , sekarang lebih dikenal dengan sebutan KADIPATEN PEMALANG

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar